6 Obat Rumahan yang Ampuh untuk Jerawat, Ada Teh Hijau

Kesehatan

Ilustrasi Jerawat

Penulis:Bearita.com

Setiap orang akan merasa risih dengan adanya jerawat pada wajah. Biasanya sering terjadi pada anak anak muda yang baru beranjak dewasa. Terkadang untuk mengobati jerawat diperlukan obat yang mahal. Namun, ada beberapa obat rumahan yang ampuh untuk menyembuhkan jerawat pada wajah.

Jerawat adalah salah satu kondisi kulit paling umum di dunia, mempengaruhi sekitar 80 persen orang dewasa muda. Perawatan jerawat konvensional seperti asam salisilat, niacinamide, atau benzoil peroksida terbukti menjadi solusi jerawat yang paling efektif, tetapi harganya bisa mahal dan memiliki efek samping yang tidak diinginkan, seperti kekeringan, kemerahan, dan iritasi.

Hal ini telah mendorong banyak orang untuk mencari pengobatan untuk menyembuhkan jerawat secara alami di rumah. Banyak pengobatan rumahan yang tidak berbahan ilmiah, dan penelitian. Namun, jika kamu mencari perawatan alternatif, obat rumahan bisa menjadi solusi untuk mengatasi jerawat.
Untuk kamu yang sedang mencari obat murah dan tetap aman digunakan, berikut adalah obat rumahan yang ampuh sembuhkan jerawat pada wajah.

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dibuat dengan fermentasi sari apel, atau jus tanpa filter dari apel yang bagus untuk kesehatan wajah. Seperti cuka lainnya, cuka ini dikenal karena kemampuannya melawan banyak jenis bakteri dan jamur. Cuka sari apel mengandung asam organik, seperti asam sitrat, yang telah ditemukan untuk membunuh jerawat.

2. Masker Madu dan Kayu Manis

Madu dan kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua faktor pemicu jerawat. Kombinasi madu dan ekstrak kulit kayu manis memberikan efek antibakteri terhadap jerawat. Mengoleskan madu ke kulit setelah menggunakan sabun antibakteri efektif membunuh kuman yang ada pada wajah.

3. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh adalah minyak esensial yang diekstrak dari daun Melaleuca alternifolia, pohon kecil asli Australia. Ini terkenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Terlebih lagi, dengan mengoleskan minyak pohon teh ke kulit dapat mengurangi jerawat.

4. Teh Hijau

Teh hijau sangat tinggi antioksidan, dan meminumnya dapat meningkatkan kesehatan. Ini juga dapat membantu mengurangi jerawat. Ini kemungkinan karena polifenol dalam teh hijau membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat. Antioksidan utama dalam teh hijau, epigallocatechin 3, gallate (EGCG) dapat mengurangi produksi sebum, melawan peradangan, dan menghambat pertumbuhan jerawat pada orang dengan kulit berjerawat.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening. Gel sering ditambahkan ke lotion, krim, salep, dan sabun. Ini biasanya digunakan untuk mengobati lecet, ruam, luka bakar, dan kondisi kulit lainnya.  Lidah buaya mengandung asam salisilat dan belerang, yang keduanya digunakan secara luas dalam pengobatan jerawat. 

6. Minyak Ikan

Asam lemak omega-3 adalah lemak sehat yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Minyak ikan mengandung dua jenis utama asam lemak omega-3, asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Tingkat EPA dan DHA yang tinggi telah terbukti mengurangi faktor peradangan, yang dapat mengurangi risiko jerawat (45).

Jerawat adalah masalah umum dengan sejumlah penyebab yang mendasarinya. Perawatan konvensional seperti asam salisilat, niacinamide, atau benzoil peroksida masih yang paling efektif, meskipun beberapa mungkin menganggap ini menjengkelkan.

Banyak orang memilih untuk mencoba pengobatan alami. Sebagian besar pengobatan rumahan untuk jerawat belum terbukti efektif secara klinis, tetapi tersedia sebagai pilihan pengobatan alternatif.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved