Agar Bibir Tidak Gelap Dan Hitam

Kesehatan

gambar ilustrasi

Penulis:Bearita.com

Bibir adalah bagian terpenting untuk menunjang penampilan kita. Agar bibir tidak gelap dan hitam, berikut kiat-kiatnya.

  • Hindari dehidrasi. Kekurangan cairan akan membuat kesehatan tubuh tergannggu. Salah satunya juga pada bibir. Saat dehidrasi bibir akan mudah terkelupas karena kondisinya yang kering, sehingga menimbulkan luka. Bekas luka akan membuat bibir menjadi kehitaman. Kondisi kulit manapun yang dehidrasi akan keriput dan tidak sehat. Perbanyak minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi.
  • Cukupi vitamin harian. Kekurangan vitamin dapat terlihat dari adanya bintik gelap pada bibir atau warna kulit. Semisal ketika kita kekurangan vitamin B-12, maka warna kulit pun akan berubah. Namun, untuk mendiagnosa apakah tubuh kekurangan vitaimin harus melalui pemeriksaan dokter. Sehingga dalam kasus tertentu, dokter merekomendasikan agar kita mendapatkan suntikan vitamin. Perbanyak mengkonsumsi buah,sayur dan kacang-kacangam setiap harinya agar kebutuhan vitamin tercukupi dengan baik.
  • Gangguan hormon. ini dapat ditemui pada orang yang mengalami tingkat hormon tiroid rendah atau bahkan terlalu tinggi sehingga dapat menyebabkan bintik hitam atau hiperpigmentasi di bibir. Sebaiknya berkonsultasi kepada dokter untuk perawatan lanjutan terbaik. Di lain hal, ini juga dapat ditemui pada wanita yang sedang hamil. Kebanyakan dari mereka memiliki pigmen warna bibir yang lebih gelap ketika hamil. Ini pun disebabkan lonjakan hormon saat mengandung.
  • Hindari Alergi. Ada baiknya lebih jeli saat menggunakan produk kecantikan, seperti foundation, lipstik, atau pewarna rambut. Ada banyak kasus perubahan warna bibir disebabkan oleh penggunaan lipstik yang kurang aman untuk bibir. Sehingga setelah pemakaian malah akan meninggalkan bekas hitam dibibir yang mana lebih hitam dari sebelum menggunakan lipstik. Pun bisa disebabkan dari expirednya produk-produk tersebut. Siapapun dengan reaksi alergi harus segera menghubungi dokter.
  • Hindari Obat-obatan. Bila ini dapat dilakukan, sebaiknya kurangi mengkonsumsi obat-obatan. Menjaga tubuh untuk sehat dengan menjaga pola makan dan olahraga yang cukup untuk menjaga badan tetap sehat. Menghindari sakit selalu lebih baik dari pada mengobati, karena setiap obat-obatan pasti memiliki efek samping, salah satunya adalah bibir yang menghitam. Adapun obat-obatan yang sering menimbulkan hitam di bibir adalah, 
      • Obat sitotoksik ( pengobatan kangker)
      • Obat antipsikotik seperti klorpromazin
      • Obat Antimalaria, seperti kina sulfat
      • Antikonvulsan, seperti fenitin
      • Obat Antiaritmia, seperti amiodaron
  • Gunakan Sunscreen bibir. Terpapar sinar matahari terlalu sering dapat membuat bibir menghitam. Lapisi bibir dengan tabir surya atau sunscreen khusus bibir saat akan melakukan aktivitas luar ruangan, agar sinar matahari tidak langsung membakar bibir anda.

source: quora

 

 

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved