Alternatif Memulihkan Tubuh Selain Tidur Selama 7-9 Jam Sehari

Tips

Ilustrasi tidur

Penulis:Bearita.com

Kalau tiap hari harus tidur 7-9 jam rasanya banyak waktu terbuang. Berikut tips alternatif lain untuk memulihkan stamina tubuh.

Disclaimer: Sebelum terjadi bias subyek, artikel ini ditujukan bagi orang dewasa & orang yang tidak miliki penyakit atau masalah fisik maupun psikologis berkaitan dengan pola istirahat.

Ada dua cara alternatif istirahat yang sudah diterapkan orang-orang dan bisa dipertanggung jawabkan:

  1. Tidur 5x sehari berdurasi masing-masing 90 menit
  2. Tidur 4 jam sehari

Dalam sebuah artikel media Goal dijelaskan pola latihan, diet dan istirahat pesepakbola Cristiano Ronaldo. Yang unik adanya tulisan bahwa Ronaldo sehari-hari lebih pilih tidur 5x sehari berdurasi masing-masing 90 menit dibanding tidur semalam penuh. Pola istirahat ini memang belum umum tapi ada penjelasan ilmiah di baliknya.

img

Dalam buku "Sleep: The Myth of 8 Hours, the Power of Naps... and the New Plan to Recharge Your Body and Mind" karya Profesor Nick Littlehales, dipaparkan bahwa lebih baik bagi atlit untuk tidur singkat 90 menit sebanyak 5x dalam sehari dibanding tidur semalam penuh.

Di bawah ini Prof. Nick Littlehales tampil dalam acara TEDx di Newcastle jelaskan pengalamannya bantu perbaiki pola istirahat & recovery beberapa atlit dunia

img

Menurut pengakuan Wakil Sekjen MUI, Nadjamuddin Ramly, dalam artikel Media Indonesia disebutkan bahwa sosok presiden ke-3 RI ini terbiasa tidur hanya 4 jam sehari.

Pernyataan ini pun dikonfirmasi dalam wawancara BJ Habibie dengan media NET saat mendampingi beliau berziarah ke makam almarhumah istrinya. Pengakuan tidur hanya 4 jam sehari ada di menit 8:30.

sumber: quora

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved