Inilah Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade Pertama Kali

Sport

Logo Olimpiade

Penulis:Bearita.com

Tahukah anda sebenarnya siapa menjadi sosok pertama peraih medali emas pertama bagi Indonesia di ajang Olimpiade?

Memang betul sosok Susi Susanti menjadi atlit Indonesia pertama yang secara resmi meraih medali emas di Olimpiade Barcelona tahun 1992, tapi untuk kemenangan perdana cabang olahraga bulu tangkis sebenarnya Indonesia sudah pernah merasakannya 20 tahun yang lalu.

Lebih spesifiknya sewaktu Olimpiade München tahun 1972, ketika ada tiga perwakilan atlit bulu tangkis asal Indonesia yang keluar sebagai pemenang di kategori putra tunggal, putri tunggal, dan ganda putra.

Ketiga perwakilan tersebut bukan lain adalah Rudy Hartono, Utami Dewi, Ade Chandra, dan Christian Hadinata. Hartono berhasil mengalahkan Svend Pri yang merupakan legenda bulu tangkis Denmark, dilanjutkan dengan pasangan Chandra/Hadinata yang mengalahkan pasangan Ngo Boon Bee/Punch Gunalan asal Malaysia, lalu juga jangan lupakan Utami yang berhasil membawa pulang medali perak di putri tunggal serta medali perunggu di ganda campuran (yang di mana dirinya berpasangan dengan Hadinata yang sebelumnya sudah menyabet medali emas).

imgPasangan Ade Chandra/Christian Hadinata

Mereka adalah sosok-sosok yang sebenarnya bisa saja keluar sebagai perwakilan pertama dari Indonesia yang mampu meraih medali perak sampai dengan emas, namun sayangnya pencapaiannya mereka sewaktu Olimpiade München tahun 1972 tidak dihitung mengingat cabang olahraga bulu tangkis masih sebatas demonstration sports atau cabang olahraga yang masih dalam tahap uji coba dan belum diresmikan untuk dikompetisikan dalam Olimpiade.

Meskipun begitu, tetap saja mereka yang pernah berlaga pada tahun 1972 patut diapresiasi dan dikenang sebagai sosok-sosok yang memotivasi generasi baru untuk mencapai kesuksesan dalam kancah Olimpiade.

Catatan Kaki
Badminton - the Olympic Journey
Olimpiade 1972, Ketika Dua Emas Bulutangkis Indonesia Tak Dianggap
Badminton at the 1972 Summer Olympics - Wikipedia

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved