Bersiap, PC PMII Banjarbaru akan Memilih Nahkoda Baru September Ini

Daerah

Infografis Konfercab PC PMII Banjarbaru (sumber: PC PMII Banjarbaru)

Penulis:Bearita.com

Pengurus Cabang PMII Kota Banjarbaru akan menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) Ke-29 pada 12-13 September 2020 mendatang di Kantor Nahdhatul Ulama Kota Banjarbaru.

Banjarbaru-Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia  (PMII) Kota Banjarbaru, organisasi mahasiswa terbesar di kota Banjarbaru ini, akan menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) Ke-29 pada 12-13 September 2020 mendatang di Kantor Nahdhatul Ulama Kota Banjarbaru. 

Konfercab tersebut diadakan guna membahas rekomendasi internal dan eksternal teruntuk pembangunan Kota Banjarbaru serta akan memilih nahkoda baru untuk memimpin PC PMII Kota Banjarbaru selama satu periode ke depan. 

Konfercab kali ini mengangkat tema "Manifesto Pergerakan : Meneguhkan Konsesus Iron Stock untuk Banjarbaru Unggul."

Badan Pekerja Konfercab (BPK) tahun ini mengeluarkan syarat-syarat tertentu untuk para calon pemimpin PMII Kota Banjarbaru ke depan, antara lain, sebagai berikut:

  1. Surat kesediaan menjadi ketua;
  2. Surat Rekomendasi Pengurus Komisariat/Kampus;
  3. Memiliki IPK Minimal 3.00;
  4. Minimal Pernah mengikuti Pengkaderan Tingkat Provinsi yaitu PKL (Pelatihan Kader Lanjut) serta Minimal pernah 1 Priode  penjadi Pengurus Komisariat/ Cabang.

"Ketentuan ini, sesuai dengan PO Dan AD ART PMII," ujar Habib Mahmud, selaku Ketua BPK Konfercab PMII Kota Banjarbaru ke-XXIX. 

"Proses regenerasi kepemimpinan PMII di tingkatan cabang merupakan proses yang wajib dilaksanakan 1 tahun sekali untuk meremajakan kepemimpinan. Harapannya kader-kader terbaik bisa Bertarung untuk perebutan Ketua PC PMII Banjarbaru. Kita banyak kader-kader potensial yang dirasa mampu untuk melanjutkan kepemimpinan Sahabat Syafiq 1 periode ke depan, antara lain, mantan Wapresma ULM Banjarbaru, mantan Presma STAI Al-Falah, Mantan Presma Universitas Ahmad Yani dan Mantan Presma ULM," imbuh Habib Mahmud.

"Kontestasi pemilihan Ketua Cabang PMII sebagai ajang pertarungan gagasan untuk kepemimpinan PMII Kota Banjarbaru yang lebih baik lagi. Jangan sampai dijadikan sebagai ajang perebutan kursi jabatan belaka. Yang perlu diingat oleh kader-kader, bahwa PMII sebagai organisasi kaderisasi harus selalu menjunjung nilai-nilai intelektual seorang mahasiswa. Utamakan Pemilihan ini bisa diselesaikan melalui jalan musyawarah, jangan sampai voting, pokoknya jangan sampai voting. Walaupun akan berakhir dengan hasil voting, harapannya semua kader-kader bisa bersatu padu untuk pergerakan yang harmonis," pesan Ustadz Manan Ripani, Selaku Majelis Pembina Cabang PMII Kota Banjarbaru. 

Konfercab PMII Banjarbaru sebagai  ajang konsolidasi pengetahuan dan gagasan.  Kegiatan tersebut merupakan bagian dari proses regulasi kepemimpinan dan permusyawaratan tertinggi di PMII Banjarbaru. 

"Kendati demikian, konfercab ini bukan semata dijadikan momentum untuk suksesi dan politik perebutan kepemimpinan di PMII, melainkan sebagai ajang konsoldasi pengetahuan untuk kemajuan PMII Banjarbaru satu tahun kedepan," ujar Syafiq, Ketua PC PMII Kota Banjarbaru

Sebagai organisasi kaderisasi, lanjut Syafiq, PMII perlu gagasan maju dan profreaif.
"Maka dari itu, diharapkan para peserta fokus terhadap keputusan-keputusan penting dalam rumusan kaderisasi di PMII," imbuh mantan Ketua PK PMII Muhammad Arsyad Al-Banjari Uniska. 

Ke depan, harap Syafiq, siapapun yang terpilih menjadi Ketua PC PMII Banjarbaru, harus mampu menjadikan PMII jauh lebih baik dari sebelumnya.

Sulaiman Thalib, selaku Ikatan Alumni (IKA)PMII Kota Banjarbaru yang juga merupakan Ketua PC PMII Banjarbaru tahun 1997, berharap konfercab nantunya menghasilkan pemimpin organisasi yang handal, profesional & amanah. 

"Dengan terlaksananya konfercab akan mnghasilkan pemimpin organisasi yg handal, profesional & amanah. Semoga berbagai tugas & kewajiban di PMII dapat diselesaikan dalam masa kepemimpinannya, terutama peningkatan kualitas & kuantitas kader PMII Banjarbaru, memperbanyak pelatihan untuk meningkatkan kapasitas kader dan mengawal isu-isu kemahasiswaan, agama, kemasyarakatan, & kebangsaan. Selamat, semangat & sukses berkonfercab PMII Banjarbaru," ujarnya. 

"Pelaksanaan Konfercab kali ini akan diadakan secara offline dan Online untuk bisa menjangkau semua keluarga besar PMII yang tidak bisa berhadir diacara tersebut," ujar Ketua Majelis Pembina Cabang PMII Kota Banjarbaru, Prof. Dr. H. Abdul Hadi.

Beliau juga mengharapkan lahirnya pemimpin yang bisa melanjutkan visi misi yang sudah dijalankan pada kepemimpinan sebelumnya. 

Sumber: PC PMII Kota Banjarbaru
Editor: Tim Bearita.com

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved