Alasan Penyerahan Medali Maraton Diberikan Saat penutupan Olimpiade

Sport

Penyerahan medali maraton di Olimpiade Tokyo 2021

Penulis:Bearita.com

Apabila Anda perhatikan pada saat penutupan Olimpiade Tokyo 2020, pastilah Anda akan melihat satu seremonial pengumuman medalis, yaitu pemenang maraton.

Adalah sebuah tradisi turun temurun sejak pertama kali olimpiade modern dilaksanakan pada tahun 1896, maraton putra menjadi sebuah perlombaan terakhir dan di hari penghujung olimpiade.

Sebelumnya, bahkan maraton memiliki finish tepat di dalam lapangan tempat berlangsungnya upacara pembukaan. Maraton putri baru diadakan pada tahun 1984 dengan konsep serupa.

Dari sebuah selebaran olimpiade yang mengatur protokol upacara penutupan, acara tersebut memang berhak untuk mengadakan seremoni penyerahan medali. Aturan pada selebaran tersebut berbunyi:

Setelah parade atlet, sebuah seremoni medali dilaksanakan. IOC dengan dibantu oleh pihak penyelenggara akan menentukan nomor mana yang seremoninya ada di upacara penutupan. (Untuk olimpiade musim panas, umumnya maraton).

Artinya, memang penyerahan medali maraton (baik putra dan putri) telah menjadi sebuah tradisi penutup yang manis untuk olimpiade.

Catatan Kaki:
Marathon Race
https://stillmed.olympic.org/Documents/Reference_documents_Factsheets/Closing_Ceremony_of_the_Games.pdf

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved