Keraguan Akan Indonesia Menjadi Negara Maju

Nasional

Peta negara Republik Indonesia

Penulis:Bearita.com

Indonesia adalah negara dengan jumlah populasi dan juga ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara. Tetapi mungkinkan Indonesia akan menjadi negara maju dalam waktu dekat?

Banyak yang berfikir bahwa Indonesia kemungkinan besar akan tersangkut di upper middle income saja. Hal tersebut dikarenakan Indonesia masih memiliki kekurangan yang besar dari segi economi.

Dengan area yang luas, membuat jalur logistik kepulauan yang sulit. Ini adalah berkah sekaligus kutukan bagi Indonesia. Di satu sisinya SDA melimpah ruah tapi disisi lainnya perkembangan ekonomi dan industri tidak bisa merata.

Seandainya isolasi kan Jawa dan Bali saja. Kemungkinan besar bisa menjadi ekonomi yang maju. Hal tersebut tentu dengan syarat pemerintah terus memajukan principles of good governance seperti transparansi, efektivitas dan rule of law. Jika ditambah dengan memajukan pendidikan terutama ke pendidikan tinggi, tentu bisa menjadi negara maju.

Namun 2 daerah ini hanya 40–50% dari populasi Indonesia. Walaupun daerah ini dapat maju, tetapi masih ada daerah seperti Maluku dan Papua yang tingkat kemiskinannya masih cukup tinggi. Automatis secara statistik daerah-daerah ini akan menurunkan angka perkembangan Indonesia, yang akhirnya menjadi tidak terhitung sebagai negara maju.

Fokus utama pemerintah saat ini seharusnya adalah pemerataan perkembangan terlebih dahulu, supaya yang daerah tertinggal saat ini bisa tumbuh dan berkembang lebih baik lagi. Perbaiki SDM di daerah-daerah tersebut. Bangun infrastruktur untuk memudahkan logistik diakses dengan nyaman. Perbaiki juga sarana komunikasi dan teknologi informasi agar konsumsi informasi menjadi lebih cepat.

Indonesia akan bisa menjadi negara maju saat fundamentalnya solid yaitu: good governance, sistem kesejahteraan sosial yang bagus, pembangunan infrastruktur dan pendidikan yang maju. Kalau itu sudah tercapai menjadi negara maju tinggal tunggu waktu saja

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved