Kenapa Pengaruh China Sangat Besar Tanpa Menjajah Dunia Seperti Kebanyakan Orang Eropa

Ekonomi

Perusahaan India Timur Britania, perusahaan besar distopia.

Penulis:Bearita.com

Cina sebenarnya melakukan kolonialisme sejak jaman dahulu, tetapi mereka tidak memiliki satu unsur penting dari kolonialisme. Karena unsur itulah kenapa mereka tidak dikenal sebagai penjajah.

Unsur yang hilang tersebut adalah "Kapitalisme". Cina tidak melakukan itu, mereka hanya berlayar, berdagang dan berkoloni ke negeri-negeri luar namun tidak melakukan kapitalisme.

Jangan juga melupakan bahwa negara-negara Eropa tidak menjajah dunia, melainkan perusahaan-perusahaan Eropa lah yang melakukannya.

India tidak ditundukkan oleh pemerintah dan tentara Inggris. Tetapi perusahaan India Timur Britania lah yang mengelolanya. Begitu juga dengan Belanda di Indonesia, perusahaan Hindia Timur Belanda yang melakukannya.

Kapal-kapal Perusahaan Hindia Timur Belanda seperti yang digambarkan oleh seniman-seniman Zaman Edo Jepang.
Kapal-kapal Perusahaan Hindia Timur Belanda seperti yang digambarkan oleh seniman-seniman Zaman Edo Jepang.

Bahkan kolonisasi yang dilakukan oleh Amerika juga sebagian besar merupakan upaya oleh sektor swasta.

Faktanya, koloni Inggris dan Perancis yang disponsori secara pribadi lebih besar dari koloni Spanyol yang disponsori negara. Wilayah besar di Barat Daya Amerika dikelola oleh pemerintah Spanyol, dan tidak ada yang dicapai selain beberapa pos misionaris.

Semua kota di Amerika yang diawali dengan "San" dahulu merupakan wilayah jajahan Spanyol. Tapi kemudian pemukim swasta Amerika dan perusahaan pertambangan muncul dan dalam beberapa dekade berubah menjadi keajaiban ekonomi di padang pasir.

Imperial Cina tidak memiliki perusahaan-perusahaan perdagangan multinasional besar seperti ini. Baik Dinasti Ming maupun Qing tidak pernah mengizinkan perusahaan swasta mengakumulasi modal dan kekuasaan sebanyak itu.

Sebagai permulaan, negara Cina mendominasi perdagangan internasional yang disebut "Sistem Hong", di mana perdagangan internasional diatur dan dikenakan pajak secara ketat. Bahkan jika pemerintah tidak memonopoli perdagangan, perusahaan-perusahaan swasta tetap tidak dapat membiayai diri mereka sendiri karena Cina tidak memiliki pasar saham atau bahkan konsep perusahaan saham gabungan.

Bursa saham pertama di dunia di Amsterdam, bahan rahasia kerajaan perdagangan luar negeri Belanda.
Bursa saham pertama di dunia di Amsterdam, bahan rahasia kerajaan perdagangan luar negeri Belanda.

Para birokrat kekaisaran hanya menjawab ke pengadilan kekaisaran di Beijing dan istana kekaisaran puas dengan pendapatan perdagangan dari rute perdagangan yang ada di Asia Tenggara dan Samudra Hindia. Tidak ada insentif untuk menjelajah lebih jauh.

Distrik perdagangan luar negeri di Kanton Cina, pertengahan abad ke-19.
Distrik perdagangan luar negeri di Kanton Cina, pertengahan abad ke-19.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved