Tips Membuat Anak Tetap Semangat Belajar di Rumah Selama Pandemi

Tips

Ilustrasi

Penulis:Bearita.com

Salah satu dampak dari pandemi Covid-19 adalah kegiatan sekolah dilakukan di rumah dengan tidak ada kegiatan tatap muka di sekolah sejak tahun lalu.

Wajar jika anak-anak mulai merasa bosan dan merindukan berkumpul dengan teman-teman di sekolah. Peran orang tua untuk memotivasi belajar anak sangat diperlukan saat ini. Jangan sampai anak merasa stres karena tumpukan tugas dan waktu istirahat yang kurang.

Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk mendampingi anak belajar di rumah:

  • Dampingi dan awasi anak dengan baik ketika menyelesaikan tugas sekolah agar mereka tidak mengalami stres.
  • Perhatikan kesehatan anak dengan menyiapkan makanan sehat mengajaknya berolahraga bersama dan pastikan jam tidur cukup.
  • Berikan waktu istirahat dan bermain yang cukup agar anak-anak tidak terlalu terbebani dengan aktivitas belajar setiap hari. 
  • Apresiasi anak dengan sistem penghargaan. Misalnya, berikan hadiah berupa camilan kesukaan, beri waktu bermain game setiap selesai belajar atau sekadar mengucapkan pujian dengan tulus.
  • Hindari membandingkan prestasi anak dengan anak lain karena bisa menambah beban pikiran mereka dan merasa tidak dihargai.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendampingi anak belajar di rumah. Peran dan kehadiran orang tua akan menambah motivasi dan semangat belajar anak. Suasana rumah yang nyaman dan menyenangkan akan menghindari anak dari risiko stres selama belajar di rumah.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved