Benarkah Beras Merah Dianggap Lebih Sehat dari Beras Putih? Ini Alasannya!

Kesehatan

Beras merah

Penulis:Bearita.com

Beras merah identik dengan makanan untuk diet. Benarkah beras merah lebih sehat dan bisa menurunkan berat badan?

Para pakar kesehatan merekomendasikan beras merah sebagai bahan makanan untuk pola hidup sehat bukan tanpa alasan. Berikut ini adalah alasan mengapa beras merah dianggap lebih sehat dari beras putih.  

Kaya Serat 

Serat adalah salah satu nutrisi penting bagi kesehatan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Benar, beras merah lebih kaya serat dari beras putih. Satu gelas beras merah mengandung 218 kalori dan 3,5 gram serat. Sedangkan, pada takaran sama beras putih mengandung 242 kalori dan 0,6 gram serat.   

Mengandung Vitamin dan Mineral 

Beras merah merupakan sumber vitamin dan mineral yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Beras merah kaya vitamin B6, magnesium, fosfor, niacin dan thiamine.  

Indeks Glikemik Rendah 

Indeks glikemik adalah nilai yang menentukan seberapa cepat bahan makanan diubah menjadi gula darah. Indeks glikemik beras merah lebih rendah dari beras putih Beras merah mempunyai indeks glikemik 55, sedangkan beras putih 86.

Meskipun begitu, bukan berarti beras putih tidak sehat untuk dikonsumsi. Hal penting dalam mengonsumsi makanan adalah memperhatikan komposisi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Memilih beras merah atau putih tetap perlu diimbangi dengan makanan sehat lain dan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved