Berikan Karakteristik Unik pada Kanalmu di Youtube

Tips

Penulis:Bearita.com

"Cara menggunakan elemen visual di Kanal Anda untuk membuat pencitraan yang menarik, konsisten dan mudah dikenali oleh penonton"

Bearita.com- Di YouTube, Anda berpeluang untuk menampilkan minat, passion, kepribadian, dan berbagai hal lainnya yang Anda miliki. Video yang dihasilkan tentu saja akan mencakup semua hal ini dan dengan begitu, Anda dapat membuat "brand" untuk channel sendiri yang akan dikenali oleh penonton. Ingat, "brand" berbeda dengan "merek". Merek adalah tanda, penyebutan, atau penamaan terhadap suatu produk.

Brand channel adalah kumpulan karakteristik unik yang membedakan kanal (channel) Anda dari kanal lainnya, serta menyampaikan pesan utama dan strategi konten Anda.

Sebaiknya buat branding Anda:

  • jelas dan representatif, sehingga orang yang menemukan kanal Anda akan langsung memahami isi video Anda.
  • sesederhana mungkin. Pikirkan logo atau branding produk yang Anda sukai, kemungkinan besar itu adalah sebuah gambar yang melekat di pikiran Anda.
  • sesuatu yang Anda banggakan. Ingat, branding channel atau pemberian karakteristik unik terhadap kanal akan menjadi perpanjangan/mewakili diri Anda, terutama jika Anda tampil dan menjadi bintang di kanal sendiri.

Tips

Karakteristik unik (brand) Anda dapat disampaikan di berbagai tempat di seluruh fitur YouTube. Ingatlah untuk menjaga agar setiap elemen ini konsisten dengan elemen lainnya, sehingga kanal Anda muncul sebagai satu karakteristik unik (brand) yang kohesif.

  1. Ikon channel (simbol kanal) adalah gambar atau logo khas yang mewakili kanal Anda. Ikon ini muncul di banyak tempat, seperti di halaman channel, saat Anda berkomentar, dan di kanan bawah video pada sebagian besar mode pemutaran. Sebaiknya upload gambar persegi atau bulat. Lihat pedoman desain.
  2. Header channel adalah ruang banner besar yang dapat digunakan untuk menunjukkan isi kanal Anda. Banyak kreator menyertakan jadwal unggah videonya di sini. Sebaiknya banner berukuran minimal 2560 x 1440 piksel untuk mendapatkan tampilan terbaik di semua perangkat. Anda dapat membuat banner ini menggunakan aplikasi (software) pengedit foto favorit. Canva adalah sumberdaya aplikasi yang populer untuk membuat banner.
  3. Deskripsi channel dalam tab “Tentang" (About) berisi ringkasan tentang apa yang dapat diharapkan penonton dari kanal Anda. Deskripsi bisa menggambarkan jenis konten yang akan dibuat, mencantumkan jadwal unggahan video, dan menampilkan siapa yang membintangi video Anda. Anda juga dapat menyertakan link ke situs, info kontak, dan/atau akun media sosial.
  4. Cuplikan channel adalah video singkat yang ada di halaman kanal dan ditampilkan kepada penonton yang tidak subscribe. Anda dapat menggunakannya untuk menampilkan pratinjau kepada penonton tentang apa yang dapat diharapkan di kanal Anda, serta mendorong mereka untuk subscribe. Catatan: cuplikan kanal dapat berkembang seiring berkembangnya kanal Anda. Sebaiknya dibuat dalam satu video berdurasi maksimal 1 (satu) menit.

Setelah Anda memiliki beberapa video di channel, fitur lain yang perlu dipertimbangkan adalah kartu, layar akhir, bagian, dan playlist.

Cobalah

Deskripsikan karakteristik unik (brand) kanal Anda dalam 5 kata.

Buat daftar di mana lagi Anda akan menggunakan karakteristik unik kanalmu (branding channel). Media sosial? Situs?
 
Selamat mencoba.*
 
Editor: ASP

 

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved