Memahami Berbagai Istilah dan Cara Kerja Youtube

Tips

Penulis:Bearita.com

"Pelajari cara kerja di YouTube dan arti terminologinya lebih lanjut"

Bearita.com - Ingin tahu tentang cara kerja YouTube? Berikut ini langkah-langkah umum untuk mengunggah (upload) video dan mengembangkan kanal:

  1. Upload file video dari komputer atau perangkat seluler.
  2. Lalu tambahkan detail deskriptif yang dapat membantu orang menemukan video Anda. Sebelum mengklik Publikasikan, Anda perlu menambahkan beberapa informasi seperti juduldeskripsi, dan thumbnail. Detail ini disebut metadata dan berpengaruh pada penemuan video. Oleh karena itu, gunakan kata dan gambar yang memberikan gambaran sekilas yang akurat dan menarik tentang apa yang dapat diharapkan penonton.
  3. Orang menonton video Anda. Algoritme penelusuran dan penemuan YouTube bekerja di latar belakang, untuk mencocokkan penonton dengan video yang kemungkinan besar akan mereka tonton dan nikmati. Banyak faktor yang berpengaruh dalam hal ini, seperti video apa yang sudah ditonton, belum ditonton, disukai, tidak disukai, dan sebagainya oleh setiap penonton.
  4. Penggemar datang kembali untuk menonton lebih banyak lagi. Ketika seseorang menikmati suatu video, ia dapat subscribe ke channel Anda dan membagikannya dengan teman dan keluarga. Penonton menuliskan komentar di video dan Anda dapat membalasnya. Pelajari interaksi komunitas lebih lanjut.

Sejumlah Istilah yang Perlu Diketahui

Berikut beberapa istilah umum yang harus dipahami lebih dahulu oleh kreator YouTube, dan sejumlah perbedaan YouTube dibandingkan platform lain:

  • Waktu tonton adalah berapa lama penonton menonton konten Anda. Saat mengunggah lebih banyak video, Anda dapat melihat berbagai laporan Waktu Tonton di YouTube Analytics untuk memahami seberapa baik performa berbagai video. Waktu Tonton berperan penting, karena YouTube dapat menampilkan konten Anda kepada lebih banyak orang berdasarkan pola tonton mereka. Pelajari lebih lanjut.
  • Subscriber adalah penonton yang telah menyatakan bahwa mereka ingin menonton lebih banyak konten Anda, dan mengklik tombol Subscribe di channel Anda. Pelanggan (Subscriber) sangat berperan dalam kesuksesan Anda di YouTube, karena mereka cenderung lebih sering menonton channel Anda dibandingkan penonton yang tidak subscribe. Jika mereka mengaktifkan Notifikasi, mereka akan diberi tahu ketika Anda memposting video baru. Mereka juga dapat melihat video Anda yang baru dipublikasikan di bagian bawah menu Youtube (feed) bertuliskan Subscription.
  • Halaman Komunitas (Community) merujuk pada hubungan dengan penonton di tingkat yang lebih mendalam. Anda dapat melakukannya dengan cara berinteraksi dengan penonton di bagian Komentar video, mengelola  live stream untuk penggemar setia, membuat video yang diminta oleh komunitas, atau membagikan konten tambahan melalui tab Komunitas (dalam versi beta). Dapatkan berbagai tips lainnya untuk mengembangkan komunitas.

Tips

  • Buat konten bagus berdasarkan data. Lihat Komentar dan pahami YouTube Analytics.
  • Dorong subscription. Sertakan pesan ajakan (Call to Action; CTA) dalam video Anda untuk mengundang subscriber.
  • Promosikan diri Anda. Coba bagikan video YouTube Anda di media sosial lainnya.

Cobalah

Periksa tiga kanal yang Anda subscribe di YouTube. Bagaimana video dalam kanal tersebut mendorong Anda untuk subscribe?

Lihatlah kalender Anda untuk tiga bulan ke depan. Berapa banyak waktu dan sumber daya (resource) yang Anda miliki untuk membuat video?

Silahkan mencoba dan merenungkan jawabannya.*

Sumber: YouTube Creator Academy

Penulis: ASP

 

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved