Cikal Bakal Wisata Pasir Emas DYNAMIX

Berdesa

Penulis:Bearita.com

"Geliat BUM Desa di sekitar wilayah kerja perusahaan semen Dynamix (PT SBI). Laily, Luhur dan Kusno dari unsur manajemen (community relations) Dynamix mengajak 4 (empat) BUM Desa saling kolaborasi"

Bearita.com -- Tatapan mata Afan seorang pegiat BUM Desa Barokah, tampak berbinar menatap bentangan Pantai Pasir Emas. Pantai pasir emas berdekatan dengan pusat kegiatan pemerintahan dan masyarakat Desa Glondonggede, kecamatan Tambakboyo, Tuban. Nun jauh di pantai utara Jawa. Ia bertekad bersih-bersih pantai sebelum BUM Desa gelar paket wisata berdesa.

Geliat BUM Desa di sekitar wilayah kerja perusahaan semen Dynamix (PT SBI) bakal kian dinamis. Laily, Luhur dan Kusno dari unsur manajemen (community relations) Dynamix mengajak 4 (empat) BUM Desa di wilayah Ring 1 untuk bersama-sama dialog, diskusi, saling aksi komunikasi.

"Kami mulai mengajak dan saling komunikasi dengan BUM Desa untuk melihat potensi aset Desa masing-masing," kata Laily yang manis ini. Pengelolaan wisata memang potensial. Tentu, wisata pantai berkaitan dengan tradisi, kuliner khas warga Desa, kebersihan lingkungan pantai, dan pengelolaan sampah.

Kami kolaborasi dengan PT SBI (Dynamix). Menjalani pendidikan dan pembelajaran BUM Desa agar pengurus BUM Desa mulai belajar menyusun model bisnis wisata pantai emas.

Rencana untuk mewujudkan layanan pengelolaan wisata kian fokus. BUM Desa akan menyediakan fasilitas wisata seperti paralayang, warung makan apung, diving, kolam pemancingan, tempat berfoto, outbound dan adventure, oleh-oleh khas Desa, dan cindera mata.

Pengelolanya, Divisi Usaha Pengelolaan Wisata sebagai bagian dari satu kesatuan organik Pelaksana Operasional BUM Desa. BUM Desa berencana menjalin kerjasama dengan pihak swasta seperti PT SBI (Dynamix) dan pihak lainnya.

Suksesnya BUM Desa tidak semata aksi lapangan. Iffah, sekretaris BUM Desa Barokah, aktif dalam dunia literasi. Literasi ini penting lho. Ricky dari organisasi Bengkel Tani (BeTa) Malang menambahkan, "BUM Desa harus menyiapkan strategi pemasaran wisata berdesa di pantai emas ini, jangan lepaskan kepedulian lingkungan pantai."

"BUM Desa bisa bekerjasama dengan BeTa untuk mengelola sampah dari usaha wisata," tandas Nicho dari Bengkel Tani. Usia bisnis BUM Desa bisa pendek, mangkrak. Kalau kesadaran wisata budidaya dan non-budidaya tidak menubuh kedalam organisasi BUM Desa.

Sampah di pantai emas Glondonggede adalah emas. BUM Desa mengelola paket wisata sekaligus daur ulang sampah. Nilai ekonomi dan edukasi menyatu didalam paket wisata Berdesa.***

Penulis: Anom Surya Putra 

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved