Ternyata Tidak Semua Negara Bisa Menampilkan Bendera di Olimpiade Tokyo 2021

Sport

Bendera Olimpiade Chinese Taipei

Penulis:Bearita.com

Ternyata tidak semua Negara partisipan di perhelatan olahraga terbesar di dunia bisa menampilkan bendera mereka.

Negara mana saja yang tidak dapat menampilkan bendera Negaranya di Olimpiade Tokyo 2021 ini?

1. Taiwan/Republik China

Tim Atlet dari Taiwan/Republik China Menggunakan Bendera Olimpiadenya dan nama "Chinese Taipei" pada Olimpiade Tokyo 2020

bendera ini digunakan oleh tim dari Taiwan/Republik China, yang berkompetisi di bawah nama "Chinese Taipei", selama pesta olahraga olimpiade sebagai pengganti bendera Republik China.

Ini merupakan akibat dari hubungan Lintas Selat yang kompleks antara Republik China dan Republik Rakyat China.

Bendera olimpiade ini telah digunakan sejak tahun 1980, menyusul keputusan oleh International Olympic Committee (IOC) bahwa Taiwan/Republik China tidak dapat berkompetisi dengan menggunakan nama atau bendera negaranya.

Karena pembatasan ini, Lagu Kebangsaan Republik China juga tidak bisa dimainkan ketika tim memenangi medali, sehingga sebagai gantinya, Lagu Bendera Nasional Republik China yang dimainkan selama pengibaran bendera dalam upacara pengalungan medali.

Bendera ini menunjukkan Langit Biru dengan sebuah Matahari Putih (lambang negara Republik China dan Kuomintang) beserta cincin Olimpiade, dikelilingi oleh bunga Prunus mei (bunga nasional Republik Tiongkok) berkelopak lima, yang digambar dalam warna merah, putih, dan biru (warna dari bendera Republik China).

2. Rusia

Bendera Russian Olympic Committee

Rusia menjadi salah satu negara yang tidak bisa mengibarkan benderanya selama gelaran Olimpiade 2020 di Tokyo.

Bahkan, selain mengibarkan bendera, tidak ada nama penyebutan nama maupun pemutaran lagu kebangsaan Rusia selama Olimpiade Tokyo 2020.

Meskipun demikian, atlet² asal Rusia masih mendapatkan izin untuk tampil pada ajang besar tersebut, tetapi dengan membawa bendera Russian Olympic Committee (ROC).

Tim Atlet dari Rusia menggunakan Bendera & Nama dari Russian Olympic Committee (ROC) pada Olimpiade Tokyo 2020

Atlet² di bawah naungan ROC bisa tampil pada Olimpiade. Akan tetapi, mereka harus menanggalkan seluruh jenis identitas yang berkaitan dengan negara mereka.

Semua pelarangan yang dijatuhkan kepada Rusia ini merupakan bentuk sanksi yang diberikan oleh International Olympic Committee(IOC).

Sanksi tersebut muncul setelah adanya ketetapan dari Sidang Arbitrasi Olahraga Dunia akibat intervensi pemerintah Rusia atas pengujian Doping yang dilakukan oleh Badan Anti-Doping Dunia.

Selain Olimpiade Tokyo 2020, Rusia juga tak bisa menggunakan unsur beserta atributnya sampai Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing dan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Meskipun demikian, larangan ini hanya dijatuhkan kepada negara, bukan atlet secara individu. Sebab, atlet yang bisa membuktikan diri bahwa mereka tidak terlibat dalam skandal doping akan tetap diperbolehkan ikut serta dengan menggunakan bendera netral.

Catatan Kaki:

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved